Kepala OMBUDSMAN Perwakilan Sumatera Barat Kunjungi Solok Selatan

Kepala OMBUDSMAN Perwakilan Sumatera Barat Kunjungi Solok Selatan

Kepala Ombusdman Perwakilan Sumatera Barat Yefri Heriani menyampaikan beberapa pesan dan harapannya ketika melakukan pertemuan dengan jajaran Pemkab Solok Selatan di Aula Tansi Ampek, Selasa 18 Februari 2020.

Yefri sekaligus menyerahkan dokumen Hasil Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik sesuai UU No. 25 Tahun 2009 pada beberapa OPD di Solok Selatan kepada Plt. Bupati Solok Selatan Abdul Rahman.

Dalam pertemuan tersebut, Yefri berpesan agar OPD-OPD yang ada mampu memanfaatkanlah teknologi untuk meningkatkan dan memperbaiki pelayanan publik.

"Banyak hal yang bisa kita lakukan. Salah satu cara adalah dengan mencari melalui internet terkait inovasi inovasi yang ada di daerah lain untuk juga bisa kita terapkan disini," ujarnya

Masyarakat menurutnya juga diharapkan memberikan masukan dan kritikannya terkait pelayanan publik yang ada.

"Maka di tingkat Pemda pun harus melakukan penugasan khusus untuk menangani pengaduan dan kritikan masyarakat ini," ujarnya

Yefri juga mengapresiasi Plt Bupati yang sekarang akan fokus kepada pelayanan publik, termasuk pelayanan di RSUD.

"Tentu kita mengapresiasi apa yang telah menjadi komitmen Bapak Plt. Bupati, termasuk sidaknya ke RSUD Solsel baru-batu ini. Kita berharap agar layanan di RSUD, pendidikan, dan layanan lainnya tetap menjadi prioritas agar masyarakat dapat terlayani dengan baik

Terkait laporan yang diberikan terhadap penilaian pelayanan publik beberapa OPD, menurutnya perlu lebih ditingkatkan lagi

"Baru Dinas Dukcapil yang memperoleh nilai yang baik. Sedangkan yang lain perlu dievaluasi dan dibenahi untuk perbaikan di masa datang," ujarnya

Sementara itu Plt Bupati Solok Selatan Abdul Rahman mengakui bahwa jajaran Pemkab harus segera berbenah dan melakukan perbaikan dalam aspek pelayanan publik ini

"Saya juga akan fokus kepada aspek pelayanan publik ini. Baru Dinas Catatan Sipil yang memperoleh Zona hijau dan mendapatkan nilai yang baik. OPD di Solok Selatan contohlah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di bawah pimpinan Bapak Efi Yandri ini," ujarnya mengapresiasi layanan yang telah diberikan Dukcapil tersebut.

Ia menambahkan bahwa birokrasi yang diharapkan masyarakat adalah birokrasi efektif dan melayani dengan baik. Untuk itu perlu terus ditinjau dan dievaluasi perbaikan-perbaikan yang dilakukan.

"Kemarin saya sudah ke RSUD dan menginstruksikan berbagai perubahan yang harus dilakukan dalam waktu yang disepakati. Pada waktunya nanti saya akan kembali lagi ke RSUD untuk mengevaluasinya," tegasnya


Share This

Comments