^ Ke Atas
 
HEADLINE:
2017-09-19 12:23:43 - Lebih dari 1 Ton, Ini Dia Sapi Terberat Di Kontes Ternak Livestock Expo 2017 <0> 2017-09-19 07:41:01 - Bupati Buka Pameran dan Kontes Ternak Terbesar di Sumatera Barat <0> 2017-09-19 07:10:39 - Peduli Pendidikan di Sumbar, JAPFA Dampingi Sekolah di Solok Selatan <0> 2017-09-18 21:12:59 - Bentuk Kepedulian, Pertamina Bantu Korban Banjir Bandang Solok Selatan <0> 2017-09-18 15:04:42 - LIVESTOCK EXPO 2017 <0>
 

BERITA FOTO

Anda berada di: Depan > Post
Butuh Waktu Dua Jam Naik Perahu Untuk Berobat Ke Puskesmas, Ini Yang Dilakukan Tim Medis
Diposting pada: Senin, 17/07/2017 | Hits : 46 | Kategori: Daerah
 

Tim Medis yang terdiri dari Dinas Kesehatan Solok Selatan dan Dinas Kesehatan Sumbar menggelar pelayanan kesehatan bergerak di daerah terpencil.

Tim ini menelusuri Jorong Talantam, Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan. Sebuah perkampungan terpencil di Kecamatan Sangir Batang Hari (SBH), Solok Selatan. Selama tiga hari, tim yang dipimpin Dr Merry Yuliesday ini bertugas dari tanggal 10 hingga 12 Juli 2017.

Hal itu guna memberikan pelayanan kesehatan hingga ke daerah pinggiran, sekaligus menyokong program Nusantara Sehat yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar, Merry Yuliesday mengatakan, dengan program ini, keterjangkauan hak fasilitas kesehatan pada daerah tertinggal, terpencil dan terjauh (3T) dapat dirasakan masyarakat.

Kegiatan pelayanan kesehatan bergerak ini digelar di tiga kabupaten, yaitu Mentawai, Pasaman Barat dan Solok Selatan.

“Ada empat dokter spesialis yang dibawa. Untuk memberikan pelayanan yang optimal terhadap warga yang berada di ujung Kabupaten Solok Selatan ini,” sebutnya.

Menurutnya, yang menjadi kendala utama bagi warga Lubuk Ulang Aling Selatan untuk berkembang adalah akses transportasi darat yang belum ada. Satu-satunya akses transportasi di daerah tersebut menelusuri sungai dengan menggunakan perahu motor atau tempek.

“Jika ada warga mengalami sakit, mereka mesti mengeluarkan biaya ekstra untuk ongkos perahu motor. Mengingat jarak dari Jorong Talantam ke Puskesmas terdekat di Jorong Tanahgalo ditempuh sekitar 2 jam perjalanan melewati perairan,” terangnya.

Menjawab kebutuhan atas pelayanan kesehatan inilah, sambung Meri, pihaknya bersama dinkes setempat mengadakan pelayanan kesehatan bergerak pada daerah terpencil ini.

“Guna mewujudkan program Nusantara Sehat ala Presiden Jokowi, Dinkes Sumbar akan menempatkan tujuh tenaga medis pada daerah 3T ini,” jelasnya.

Tujuh tenaga medis tersebut lanjut Merry, terdiri dari tenaga dokter, bidan, perawat, ahli gizi dan lainnya. Mereka akan bertugas untuk memperkuat pelayanan kesehatan primer bagi masyarakat yang bermukim di sepanjang sungai Batang Hari itu.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan, Novirman mengatakan, selain memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan dan sekitarnya. Masyarakat di sana juga diberikan penyuluhan terhadap prilaku hidup bersih dan sehat serta tidak buang air sembarangan.

“Prilaku tersebut merupakan cikal dari hidup sehat. Jika ini diterapkan, tentu masyarakat di daerah ini akan menjalani hidup sehat dan terbebas dari penyakit,” katanya.

Dinas Kesehatan lanjut Novirman, juga memberikan bantuan jamban sebanyak 30 jamban pada tiga nagari yang ada di Kecamatan Sangir Batang Hari (SBH) itu.

Hal itu ditujukan agar masyarakat sekitar tidak lagi buang air di sungai. Sehingga, tidak lagi mencemari sungai yang ada.

“Ke depan kita berharap, kegiatan ini terus bergulir tidak hanya di daerah terisolir. Kegiatan serupa juga akan digelar di masing-masing nagari di Solok Selatan,” katanya.














 

HALOSUMBAR

 

Posting Lainnya:

« Kembali