KIM JADI MEDIA INFORMASI HINGGA KE PELOSOK NAGARI

Admin Minggu, 16/07/2017 Daerah 50 hits

Sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat hingga ke pelosok nagari, Dinas Informasi dan Komunikasi (Inforkom) Solok Selatan, membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

"Sebagai media informasi dan perpanjangan tangan pemerintah kepada masyarakat hingga ke pelosok nagari di Solok Selatan ini, kita telah membentuk KIM," kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Inforkom Solok Selatan, Asniati, Minggu (16/7/2017).

Menurut Asniati didampingi Metra Gusri (Kasi Komunikasi Publik), saat ini telah terbentuk tujuh KIM. Di masing-masing kecamatan terdapat satu kelompok.

Maksudnya, lanjut dia, kelompok yang diberdayakan ini merupakan kelompok tani, kelompok seni dan kelompok peternakan. Hal ini, mempermudah sistem kerja KIM. Karena, mereka telah memiliki jaringan dan anggota yang aktif.

"Jenis informasi yang akan disampaikan oleh KIM ini ke masyarakat, seluruh informasi publik baik dari pemerintah pusat hingga daerah. Namun, tetap melalui Dinas Inforkom terlebih dulu," katanya.

Ketujuh KIM tersebut, pada Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD), KIM Kami Saiyo Pakan Raba'a bergerak dibidang tani cabai. Kecamatan Sungai Pagu, KIM Beringin Sakti Mudiak Lolo bergerak dibidang sanggar seni. Kecamatan Pauh Duo, KIM Karya Bersama Pekonina bergerak dibidang tani jeruk namun telah berbentuk KUD. Kecamatan Sangir, KIM Lestari Budaya Pincuran Tujuh bergerak dibidang sanggar seni tradisional jawa.

Selanjutnya, Kecamatan Sangir Jujuan, KIM Bukit Sangkar Puyuh Bidar Alam bergerak dibidang ternak puyuh. Kecamatan Sangir Batang Hari, KIM Sanggar Kesenian Tombe Abai bergerak dibidang sanggar seni. Terakhir, Kecamatan Sangir Balai Janggo, KIM Maju Bersama Talunan bergerak dibidang pertanian.

"Saat ini ketujuh KIM tersebut masih dalam tahap pembelajaran. Rata-rata mereka belum terbiasa dengan kegiatan yang kita berikan ini," jelasnya.

Dia mengatakan, KIM ini secara kesinambungan juga akan diberikan pembekalan dan pelatihan. Agar KIM ini, tidak lagi ragu dalam penyampaian informasi kepada masyarakat.

"Kita berharap agar KIM ini dapat berjalan sesuai dari fungsi dan keberadaan mereka ditengah-tengah masyarakat," katanya.

Saat ini, pada Dinas Inforkom Solok Selatan, telah berjalan beberapa program antara lain, PPID, Website www.solselkab.go.id, Radio Saruga, pemasangan hot spot gratis di lokasi Kawasan Saribu Rumah Gadang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Valora.co.id

: tanpa label