PATUT DICONTOH, BEGINI PURWAKARTA KELOLA PARIWISATA

Ade Eka Sabtu, 12/08/2017 Daerah 60 hits

Patut Dicontoh, Begini Purwakarta Kelola Pariwisata

Purwakarta (radiotemansejati) – Memiliki banyak destinasi wisata ternyata tidak menyulitkan Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Purwakarta.

“Kami hanya selaku koordinator dan pengawas,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kab. Purwakarta, Agus Hasan pada kunjungan Bupati Solok Selatan, H. Muzni Zakaria dan jurnalis di Kantor Bupati  Purwakarta (10/8/2017).

Ia mengatakan, saat ini setiap kecamatan memiliki obyek wisata, “total ada 17 kecamatan yang ada di Purwakarta, minimal setiap kecamatan memiliki satu obyek wisata,” ujarnya.

Dari sekian banyak obyek wisata, yang di kelola oleh Dispar Purwakarta hanya 5 buah obyek wisata. “Selebihnya dikelola oleh karang taruna yang bekerjasama dengan desa menggunakan BUMDes (Badan Usaha Miliki Desa),” tambahnya.

Memanfaatkan BUMDes dinilai tepat karena masyarakat langsung yang akan mengelola dan hasilnya dirasakan oleh masyarakat.

“Semua spot wisata tersebut kami bantu koordinasi penataan, publikasi dan promosinya, dan untuk publikasi lebih luas kami bekerjasama dengan Kominfo (Dinas Komunikasi dan Informasi),” ujarnya.

H. Muzni Zakaria menilai usaha yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Purwakarta tersebut sangat bagus dan berharap bisa di terapkan oleh Solok Selatan.

“Kami memiliki potensi pariwisata yang sangat banyak dan potensial, namun belum dikelola dengan baik,” tutur H. Muzni.

Kunjungan Bupati Solok S3latan, H. Muzni Zakari di Kabupaten Purwakarta

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

source:

radiotemansejati.com/2017/08/10/patut-dicontoh-begini-purwakarta-kelola-pariwisata/

: tanpa label