SURVEY JELAJAH BUDAYA SAMBANGI SARIBU RUMAH GADANG

Admin Rabu, 11/10/2017 Daerah 37 hits

Survey Jelajah Budaya Sambangi Saribu Rumah Gadang

6 Tim Ahli dan Bupati Solok Selatan

Solok Selatan (radiotemansejati) Selama 4 hari, 6 orang tim ahli pariwisata, budaya, dan arsitektur melakukan survey di kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) pada tanggal 10-14 Oktober 2017.

Mereka adalah Yori Antar “Pendekar Arsitektur Nusantara”, Jay Subyakto (Produser dan sutradara nasional), Nadya Azalia, Alfianto Domy Aji, Nofrin Napilus (Pegiat Pariwisata), dan Hasmurdi Hasan.

Arsitek Alumni Universitas Indonesia, Yori Antar, yang menjadi bagian dalam rombongan jelajah SRG tersebut fokus dalam melestarikan warisan arsitektur lokal berupa rumah-rumah adat di berbagai belahan Indonesia.

Bersama rombongan juga terdapat sutradara dan produser yang sudah menghasilkan banyak karya di Indonesia, yakni Jay Subiyakto, serta tamu-tamu lain yang berencana akan menjelajahi Nagari Saribu Rumah Gadang serta menikmati sensasi bermalam di Rumah Gadang

Beberapa waktu lalu, Bupati Solok Selatan, H.Muzni Zakaria, menyampaikan harapannya bagaimana kedatangan tamu-tamu tersebut dapat menarik wisatawan untuk terus datang ke Nagari Saribu Rumah Gadang serta dapat memberikan saran-saran terkait pengembangan wisata SRG ini untuk tahun-tahun yang akan datang.

Nofrin, mengatakan bahwa kedatangan Jay Soebiakto, Yori Antar & Team, di Saribu Rumah Gadang, atas undangan Bupati Solok Selatan H. Muzni Zakaria dan Anggota Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN), Dony Oskaria.

“Disamping untuk menikmati keindahan SRG, team juga akan melihat rencana pengembangan sbg Kampung Adat Nusantara utk Pelestarian dan pengembangan pariwisata,” terangnya.

Nofrin juga menjelaskan bahwa di kawasan dengan Jumlah Rumah Gadang yang mencapai 130-an ini, Sudah ada 10 unit rumah gadang yg operasional sbg Homestay.

“Semoga aspek homestay ini akan lebih berkembang lagi ke depan dan bisa ikut mendukung Program 10.000 homestay dr Kementrian Pariwisata. Mohon dukungan kita semua utk itu,” tukas Nofrin


http://radiotemansejati.com/2017/10/11/survey-jelajah-budaya-sambangi-saribu-rumah-gadang/

: tanpa label