NINIK MAMAK SETUJU TETAPKAN KAWASAN CAGAR BUDAYA SARIBU RUMAH GADANG

Ade Eka Kamis, 12/10/2017 Daerah 20 hits

Ninik Mamak Setuju Tetapkan Kawasan Cagar Budaya Saribu Rumah Gadang

Kawasan Saribu Rumah Gadang

Solok Selatan (radiotemansejati) – Ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai, Pemerintah dan seluruh komponen setuju untuk menetapkan kawasan saribu rumah gadang menjadi kawasan cagar budaya.

Kata sepakat tersebut diambil secara aklamasi pada acara sosialisasi Kawasan Cagar Budaya oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi (BPCB) Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau di Balai Kerapatan Adat Nagari (KAN) Koto Baru, Rabu (11/10/2017).

“Inilah yang kita tunggu-tunggu dari dulu, dengan penetapan sebagai cagar budaya akan memberikan banyak keuntungan bagi saribu rumah gadang, terutama dalam upaya pelestarian rumah gadang yang ada,” ujar Bupati Solok Selatan, H. Muzni Zakaria.

Sosialisasi Kawasan Cagar Budaya Saribu Rumah Gadang

Kepala BPCB Prov. Sumbar, Riau, dan Kepri, Nurmatias menyambut haru kesepakatan tersebut.  “Ada 113 benda cagar budaya di kawasan SRG seluas 26,3 Hektar ini, terdiri dari 109 Rumah Gadang, 2 Masjid, 1 Suaru dan 1 Makam yang harus kita lestarikan keberadaannya,” ujarnya.

Ia menjelaskan penetapan kawasan cagar budaya bukan berarti peralihan kepemilikan kepada pemerintah. “Rumah gadang tetap dimiliki oleh pemilik. Pemerintah membantu melestarikan dan merevitalisasi kembali kawasan saribu rumah gadang,” ujarnya.

Ketua Lembaga Kerapatan Adat Minangkabau (LKAM), Dt Rajo Endah juga mendukung penetapan tersebut. “Program ini sangat membantu masyarakat Solok Selatan untuk membangkitkan kembali budaya yang saat ini hampir hilang,” tuturnya.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solok Selatan, Bujang Basri mengatakan sosialiasi ini merupakan tahapan yang paling penting.

“Setelah ini akan dilanjutkan diskusi dengan para ahli cagar budaya yang sudah di tetapkan, dan setelah itu akan dikeluarkan Surat Rekomendasi dari Pihak Balai sebagai dasar penetapan SK Bupati tentang Cagar Budaya tersebut,” ujarnya.

Sosialisasi Kawasan Cagar Budaya Saribu Rumah Gadang



http://radiotemansejati.com/2017/10/12/ninik-mamak-setuju-tetapkan-kawasan-cagar-budaya-saribu-rumah-gadang/

: tanpa label