SOLOK SELATAN ALOKASIKAN RP80 MILIAR BANGUN MASJID AGUNG

Ade Eka Juma't, 10/11/2017 Daerah 41 hits

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria (dua kiri) foto bersama dengan konsultan pembangunan masjid agung Solok Selatan. (Antara Sumbar/Erik Ifansyah Akbar)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat mengalokasikan anggaran sebesar Rp80 miliar untuk pembangunan masjid agung yang ditargetkan selesai pada 2019.

"Pembangunan masjid agung ini dilakukan dengan pola kontrak tahun jamak atau kontrak multiyears," kata Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria di Padang Aro, Jumat.

Ia menjelaskan tahun ini pemerintah daerah menganggarkan sebesar Rp5 miliar untuk tahap persiapan awal. Sedangkan proses pembangunannya dianggarkan pada 2018 dan 2019. Pada 2019 masjid agung tersebut ditargetkan sudah bisa digunakan.

Masjid agung Solok Selatan akan dibangun di area perkebunan teh PT Mitra Kerinci, dirancang memiliki keunikan sendiri seperti kubah dan lantai berputar.

Menurut dia, masjid agung tersebut bukan hanya untuk beribadah tetapi juga untuk pembelajaran agama.

Ketua tim konsultan pembangunan masjid agung Solok Selatan, Wilson Wahab mengatakan, masjid ini akan memiliki pustaka untuk diskusi keagamaan.

Struktur bangunan juga akan dibangun ramah gempa serta ada anti petir yang akan ditempatkan di sana.
Selain itu kata dia, di dalam masjid disediakan air minum bagi pengunjungnya.

"Saat memasuki masjid pengunjung dilarang membawa makanan atau pun minuman, karena minum sudah disediakan," ujarnya. (*)


http://sumbar.antaranews.com/berita/215124/solok-selatan-alokasikan-rp80-miliar-bangun-masjid-agung.html

: tanpa label