SOLSEL BERTEKAD KURANGI KETERGANTUNGAN PASOKAN IKAN DARI LUAR

Ade Eka Minggu, 11/02/2018 SKPD 256 hits

<p>Solsel Bertekad Kurangi Ketergantungan Pasokan Ikan dari Luar<p>Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman saat melakukan tebar benih ikan beberapa waktu lalu. (humas)

VALORAnews - Usaha untuk meningkatkan produksi dibidang perikanan, terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan. Setelah tahun kemarin target penyebaran 2 juta ekor bibit berhasil dilampaui, tahun ini kembali Pemkab Solsel melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan kembali menargetkan 2,5 juta ekor bibit ikan untuk disebarkan di tujuh kecamatan yang ada.

Dalam penyerahan bantuan bibit ikan di beberapa titik di Kenagarian Bidar Alam, Sangir Jujuan, Kamis (8/2/2018), Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman berharap, bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para penerima manfaat dan dapat membantu perekonomian masyarakat.

Pergunakan dan rawat sebaik-baiknya bantuan yang telah diberikan. Jangan ada lagi pencarian ikan di sungai-sungai, dengan meracun atau sejenisnya yang menyebabkan rusaknya ekosistem di perairan tersebut," katanya.


Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan, Del Irwan menjelaskan, bibit ikan yang ada diutamakan penyalurannya melalui kelompok tani dan juga perairan-perairan umum.

Del Irwan yang didampingi Kasi Pengembangan Sumber Daya Perairan, Yudil Hendra menjelaskan, bahwa upaya-upaya penyebaran jutaan bibit ikan ini adalah dalam rangka mengurangi ketergantungan Solok Selatan terhadap pasokan ikan dari daerah lain.

"Kita terus berupaya agar Solok Selatan dapat terus memproduksi ikan, minimal bisa memenuhi kebutuhan dalam daerah sendiri," ujarnya.

Sikesempatan tersebut, Abdul Rahman, menebar sebanyak 30 ribu bibit ikan Nila di Kapalo Banda Irigasi Batikan serta irigasi di belakang Masjid Syafrudin Prawiranegara Bidar Alam. (rls)




http://m.valora.co.id/berita/9693/solsel-bertekad-kurangi-ketergantungan-pasokan-ikan-dari-luar.html

: tanpa label