CERITA JOKOWI TENTANG 1.000 RUMAH GADANG DI SOLOK SELATAN

Ade Eka Senin, 12/02/2018 Daerah 111 hits

undefined (Foto:undefined)
Langkan.id, Padang- Presiden Joko Widodo mengenang masa mudanya bercerita tentang rumah gadang di Kabupaten Solok Selatan, saat menghadiri peringatan Hari Pers Nasional 2018 di Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat 9 Februari 2018.
Jokowi bercerita, seorang pemuda bersama teman-temannya pernah melakukan perjalanan dari Jakarta ke Gunung Kerinci pada 1983. Salah satu yang dia lewati adalah Kabupaten Solok Selatan.

Pemuda itu, kata dia, terkagum-kagum melihat arsitektur rumah gadang di Minangkabau. "Pemuda itu adalah orang yang saat ini tengah berdiri di depan bapak ibu semua," ujarnya Jumat 9 Februari 2018.
"Daerah tersebut (Solok Selatan) saya lalui saat akan mendaki Gunung Kerinci waktu itu," ujarnya.
Kekagumannya itu yang membuat Jokowi memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk merevitalisasi total rumah gadang yang ada di kawasan 1.000 rumah gadang Solok Selatan. Revitalisasi itu akan dimulai pada Februari 2018 ini.
"Untuk menjaga warisan rumah gadang ini maka saya telah perintahkan menteri untuk lakukan revitalisasi total terhadap Nagari 1000 Rumah Gadang ini. Semoga ini juga menjadi prototype rumah adat di Sumbar atau tempat lainnya," kata Jokowi.




https://m.kumparan.com/langkanid/cerita-jokowi-tentang-1-000-rumah-gadang-di-solok-selatan?utm_medium=whatsapp&utm_source=ios&utm_campaign=Share

: tanpa label