MUZNI ZAKARIA MINTA WALINAGARI ADIL LAYANI WARGA

Ade Eka Kamis, 01/03/2018 Daerah 99 hits



HaloSumbar.Com, – Bupati SolselMuzni Zakaria melalui Asisten I Bidang Pemerintahan Setdakab Solsel Fidel Efendi saat melantik Walinagari Alam Pauh Duo, Zainal Abidin, kemarin (28/2) berpesan.

Seluruh walinagari di Kabupaten Solok Selatan (Solsel) diminta bersikap adil dan mengayomi seluruh warga. Walinagari diharapkan dapat menjadi suri tauladan bagi perangkat dan masyarakat di nagarinya.

Hal itu disampaikan Bupati Solsel Muzni Zakaria melalui Asisten I Bidang Pemerintahan Setdakab Solsel Fidel Efendi saat melantik Walinagari Alam Pauh Duo, Zainal Abidin, kemarin (28/2).

Dikatakannya, para walinagari di Solsel mesti senantiasa hadir di tengah masyarakat, melihat kondisi di lapangan, mendengar dan merasakan apa yang di alami masyarakat nagarinya.

“Tidak hanya bagi Walinagari yang saat ini dilantik saja tapi untuk semua semua Walinagari. Sebagai orang yang dituakan di nagari, maka sudah semestinya para walinagari merangkul semua warganya, melayani mereka, menciptakan suasana yang kondusif dalam lingkungan pemerintahan di nagarinya,” tutur Fidel saat prosesi pelantikan di aula Tangsi Ampek, kemarin (28/2).

Tak kalah pentingnya, lanjut Fidel, setiap Walinagari harus bisa menjadi teladan khususnya untuk perangkat nagari dalam bersikap, bertindak dan bertingkah laku. Walinagari harus merangkul semua elemen dalam memajukan nagarinya.

“Baik masyarakat maupun Badan Musyawarah Nagari (Bamus Nagari) dan Lembaga Pemmberdayaan Masyarakat Nagari (LPMN), semua harus dirangkul dan menjalin kerjasama sebagai mitra kerja dalam pemerintahan,” ujarnya.

Fidel juga berpesan agar walinagari harus benar-benar peka kepada setiap tuntunan masyaraakt dalam pelayanan publik. Apalagi katanya, saat sekarang ini pemerintah sedang giat-giatnya dalam memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat.

“Lalu, Walinagari juga diminta untuk melaporkan setiap saat kondisi wilayahnya. Terakhir, Walinagari yang dilantik kini diharapkan benar-benar bisa mengemban amanah yang telah di berikan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Walinagari terpilih Alam Pauh Duo, Zainal Abidin menyatakan, siap melakukan pelayanan kepada seluruh masyarakat setempat tanpa diskriminasi, mementingkan kepentingan umum, transparan dan akuntabel.

“Dalam melaksanakan tugas, kita menghindari terjadinya konflik kepentingan. Serta siap memberikan contoh dan menindak lanjuti setiap penyimpanan yang ada di nagari nantinya,” sebut Zainal.(HS/BI)



http://www.halosumbar.com/wali-nagari-diminta-adil-layani-warga/

: tanpa label