Anita Chairul Tanjung Siap Promosikan Saribu Rumah Gadang 

Bupati H. Muzni Zakaria didampingi Ny. Hj. Suriati Muzni Zakaria menyerahkan cendera mata, miniature Rumah Gadang pada Anita Chairul Tanjung , Senin (5/3). (Afrizal Amir)

PADANG ARO –  Keraguan H. Muzni Zakaria dan masyarakat Solok Selatan, akan kunjungan istri konglomerat, Anita Chairul Tanjung, ke Solok Selatan, akhirnya berbuah haru. Istri ‘ Si Anak Singkong’, itu betul-betul datang bersama rombongan CT Corp, di tengah guyuran hujan.

Banyak harapan yang disampaikan Muzni Zakaria pada Anita Chairul Tanjung dan rombongan, terutama untuk mempromosikan potensi Kawasan Saribu Rumah Gadang dan potensi wisata lainnya di kabupaten berjuluk Sarantau Sasurambi ini. Bahkan dukungan untuk ikut merestorasi rumah gadang di kawasan Saribu Rumah Gadang, juga menjadi harapan Muzni Zakaria.

Prosesi penyambutan Anita Chirul Tanjung dan rombongan, ke Kawasan Nagari Saribu Rumah Gadang persisnya di area Rumah Gadang ‘Gajah Maram’, Senin (5/3) itu luar biasa.

Bupati sengaja memakai pakaian adat (pakaian datuak-red), dan pakaian OPD dan masyarakat yang laki-laki, berbaju taluak balango dengan celana labai, serta pakaian kaum ibu yang berbaju kuruang basiba.

Muzni Zakaria juga berharap pada Anita CT, untuk menyampaikan pesan baik untuk Chairul Tanjung. Kalau bisa berkenan ‘ Si Anak Sikong’ itu ke Solok Selatan untuk melihat langsung ke kawasan Saribu Rumah Gadang yang mendapat juara pertama dalam nominasi Anugrah Pesona Indonesia (API) sebagai perkampungan adat terpopuler 2017.

Anita Ratnasari, pada sambutannya menceritakan kepuasannya atas kunjungan ke Solok Selatan. Meski diakui, bahwa dirinya harus rela memakan obat anti mabuk yang ternyata tidak mempan. Namun dia, tetap memaksakan diri untuk selalu melihat keindahan sepanjang jalan dari Padang hingga ke Solok Selatan yang memakan waktu lebih kurang 3,5 jam.

Saking merasa puasnya, Anita berjanji akan menyampaikan pada suaminya untuk mewajibkan bagi seluruh karyawan CT Corp untuk berkunjung dulu ke kawasan Saribu Rumah Gadang sebelum melakukan kunjungan wisata ke luar negeri atau ke daerah lain.

Hal ini disampaikan Anita, karena dirinya menilai potensi keunikan wisata yang dimiliki Solsel, khususnya di Kawasan Saribu Rumah Gadang tidak kalah dari Raja Empat, di Indonesia Timur.

Bahkan ke indahan kawasan Saribu Rumah Gadang banding Menara Pisa di Italia, oleh Anita CT jauh lebih bagus. Karena konstruksi bangunan rumah gadang tidak memakai produk modern, tetapi lebih banyak mempergunakan peralatan tradisional.

“Saya akan meminta Pak Chairul Tanjung, wajib hukumnya untuk seluruh karyawan CT Corp, datang ke Saribu Rumah Gadang sebelum melakukan kunjungan wisata ke tempat lain,” ungkap Anita CT.

Anita CT juga memuji kuliner, hasil usaha yang dikelola Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) Solok Selatan, yang siap untuk masuk ke jaringan toko ritel Transmart.

Anita juga berjanji, akan siap mendukung program Revitalisasi Rumah Gadaang di Kawasan Saribu Rumah Gadang, meski nominal untuk melakujkan revitalisasi satu unit rumah gadang itu, harus mengeluarkan dana sebesar Rp500 juta hingga Rp1 miliar. (af

https://hariansinggalang.co.id/anita-chairul-tanjung-siap-promosikan-saribu-rumah-gadang/