Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Jaringan telepon seluler milik Telkomsel mengalami gangguan selama dua hari di Solok Selatan, Sumatera Barat hingga tidak bisa digunakan sama sekali.

Pelaksana tugas Dinas Komunikasi dan Informasi Solok Selatan, Syamsurizal di Padang Aro, Jumat, mengatakan memang banyak keluhan masyarakat terkait gangguan jaringan Telkomsel ini, terutama untuk akses internet di daerah itu yang sudah terjadi sejak Rabu (30/5).

"Saya sudah menghubungi pihak Telkomsel, jawabannya ada gangguan pada kabel jaringan yang rusak akibat longsor di Kabupaten Solok," katanya.

Menurut dia, jaringan telekomunikasi saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat sehingga saat sinyal hilang banyak yang mengeluhkan.

Jaringan Telkomsel mulai terganggu pada Rabu (30/5) pukul 14.00 Wib dan baru bagus pada pukul 22.30 tetapi belum lancar.

Pada Kamis sore jaringan Telkomsel bahkan tidak bisa digunakan sama sekali baik untuk internet, telepon dan kirim pesan.

Selanjutnya pada Kamis sore kembali mengalami gangguan hingga malamnya.

Salah seorang jurnalis di Solok Selatan, Putra (30) mengatakan akibat jaringan telkomsel yang bermasalah ia menjadi kesulitan dalam bekerja.

"Setiap hari saya membutuhkan internet untuk mengirim laporan ke kantor, tetapi dua hari ini menjadi kesulitan karena jaringan bermasalah," ujarnya.

Untuk Solok Selatan kata dia, hanya ada dua provider dan hanya telkomsel yang memiliki jaringan paling luas.

Sedangkan satu provider lagi hanya bisa diakses di titik tertentu seperti pusat kabupaten dan di Muaralabuh. (*)