Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Wakil Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat Abdul Rahman mengingatkan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar fokus kepada tujuan-tujuan pembangunan prioritas pemerintah daerah saat pembahasan APBD 2019.

"Masalah Infrastruktur, pariwisata, dan juga sisi religius menjadi fokus perencanaan pada masing-masing OPD pada APBD 2019," katanya di Padang Aro, Selasa.

Dia menyebutkan, faktor pariwisata masih memerlukan pembangunan fasilitas-fasilitas agar pengunjung merasa nyaman dan nyaman.

Dengan meningkatnya fasilitas pariwisata maka akan meningkatkan kunjungan sehingga berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat sekitar.

Saat ini pariwisata Solok Selatan sudah dikenal dan mulai ramai dikunjungi wisatawan seperti goa batu kapal pada lebaran kemarin dikunjungi hingga 25 ribu orang.

Kemudian sekitar 1.000 peserta sedang melaksanakan kemah pramuka di Camintoran saat ini dtambah lagi dengan kunjungan ke destinasi wisata lainnya.

"Sektor wisata akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) setiap tahunnya sehingga perlu ditunjang infrastrukturnya," ujarnya.

Terkait infastruktur katanya, saat ini ruas jalan Abai-Dharmasraya merupakan kewenangan propinsi dan kondisinya saat ini rusak parah di Dusun Tangah.

"Saat ini kita mengetahui ada rencana alokasi anggaran pusat untuk akses jalan tersebut. Untuk itu OPD terkait harus terus mengawal usulan tersebut," ujarnya.

Kalau memang tidak memungkinkan, katanya, Pemkab juga harus siap dengan APBD supaya jalan ini bisa terealisasi. (*)